Ikatan Pelajar Muhammadiya

Minggu, 25 April 2010

IPM Jatim Pelopori Pelajar Peduli Lingkungan


Gresik_ Pagi tadi Gerakan Pelajar Peduli lingkungan yang di Pelopori Pimpinana Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur telah di Louncing. Acara yang di selenggarakan sederhana di halaman SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik itu di hadiri langsung oleh kepala Dinas Kehutanan Propinsi jawa timur Bapak Ir. Choirudin Syakir, beliau menyampaikan bahwa Kawasan Hutan Propinsi Jawa Timur yang ditetapkan berdarsarkan SK penunjukan Menteri Kehutanan Nomor 417/Kpts-II/1999 tanggal 15 Juni 1999 adalah seluas ± 1.357.206,3 Ha. Luas kawasan hutan ini mencakup 28,32% dari luas propinsi Jawa Timur. Kawasan hutan ini terdiri dari kawasan Hutan Konservasi, Hutan Lindung dan kawasan Hutan Produksi.
Sedangkan Kawasan Konservasi terdiri dari Cagar Alam (CA), Suaka Margasatwa
(SM), Taman Nasional (TN), Taman Wisata Alam (TW), Taman Hutan Raya (THR) dan Taman Buru (TB). Hutan Konservasi adalah hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.
Di Propinsi Jawa Timur, Hutan Konservasi yang telah ditunjuk dan ditetapkan adalah sejumlah 16 unit Cagar Alam, 2 unit Suaka Margasatwa, 1 unit Taman Hutan Raya, 4 Unit Taman Nasional dan 3 unit Taman Wisata. beliau selalu menegaskan bahwa hutan-hutan yang dimiliki oleh Jawa timur ini merupakan tugas para pelajar saat ini untuk melestarikannya, beliau selalu mengharap agar kader IPM harus mampu menjaga dan melestarikannya.
Acara ini di ikuti kurang lebih 75 Pelajar dan pembina dari SMP/SMA Muhammadiyah se kota Gresik. Dalam acara tersebut Bapak Muhammad In'an sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik menambahkan bahwa kader IPM harus mampu memulai melestarikan lingkungan dari diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.
Acara ini di akhiri dengan penanaman 5 batang pohon di halaman depan SMP Muhammadiyah 12 GKB sebagai simbol Gerakan Pelajar Peduli Lingkungan telah dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by BERITA IPM JAWA TIMUR Powered By Blogger Design by ET